Jumat, 23 Februari 2018

AKUNTANSI PERBANKAN BAB " EKUITAS "



EKUITAS


EKUITAS

A. PENGERTIAN EKUITAS
Ekuitas ( modal ) adalah dana yang di investasikan oleh pemilik dalam rangka pendirian badan usaha untuk membiayai kegiatan usaha bank dan untuk memenuhi regulasi pemerintah.
Berdasarkan PSAK pos - pos yang termasuk dalam komponen modal yaitu :
a. Modal disetor
b. Tambahan modal disetor, yang terdiri dari agio, sumbangan dan selisih kurs
c. Selisih penilaian kembali aktiva tetap
d. Laba / rugi yang belum direalisasi
e. Pendapatan komprehensif lain
f. Saldo laba yang terdiri dari cadangan, laba / rugi tahun lalu dan laba / rugi tahun berjalan.

Sesuai dengan ketentuan dari Bank Indonesia, bank harus memenuhi kewajiban penyediaan modal minimum ( capital adequacy ratio ).
Perhitungan CAR ( capital adequacy ratio ) adalah menghitung perbandingan antara modal bank terhadap aktiva tertimbangmenurut risiko. Perhitungan CAR ( Capital Adequacy Ratio ) secara umum dilakukan berdasarkan prinsip - prinsip yang ditetapkan oleh Bank for International Settlements.
Formula perhitungan CAR ( Capital Adequacy Ratio ) sebagai berikut :
CAR = Modal / Aktiva Tertimbang Menurut Risiko
 
 


Aktiva tertimbang menurut risiko adalah aktiva yang terdapat dalam neraca bank yang dikalikan dengan bobot risiko masing - masing aktiva. Persentase bobot risiko ditetapkan oleh Bank Indonesia yang besarnya disesuaikan dengan risiko masing - masing aktiva.
Modal dibagi menjadi dua yaitu Modal inti dan modal pelengkap.
  1. MODAL INTI
Modal inti terdiri dari :
  • Modal disetor
Modal disetor yaitu Modal yang telah disetorkan oleh pemilik bank
  • Agio saham
Agio saham yaitu selisih lebih antara harga saham dengan nilai nominal saham
  • Modal sumbangan
Modal sumbangan yaitu Modal yang diperoleh dari sumbangan saham, termasuk selisih antara nilai yang tercatat dengan harga jual , modal donasi dan lain - lain.
  • Cadangan
Cadangan ada dua yaitu Cadangan Umum dan Cadangan Tujuan
a. Cadangan Umum yaitu cadangan yang dibentuk penyisihan saldo laba yang mendapat persetujuan dari rapat umum pemegang saham.
b. Cadangan tujuan yaitu cadangan yang dibentuk untuk tujuan tertentu yang telah mendapat persetujuan dati rapat umum pemegang saham.
  • Saldo laba
Return Earning yaitu saldo laba yang tidak dibagikan
a. Laba / rugi tahun lalu yaitu laba tahun - tahun lalu yang tidak dibagikan akan tetapi digunakan untuk antisipasi bila ada kerugian dimasa mendatang.
b. Laba / rugi tahun berjalan yaitu laba / rugi untuk tahun yang sedang berjalan setelah dikurangi pajak.
  1. MODAL PELENGKAP
Modal pelengkap terdiri dari :
  • Cadangan revaluasi asset tetap, yaitu cadangan yang dibentuk karena adanya selisih penilaian kembali aktiva tetap.
  • Penyisihan kerugian asset produktif, merupakan penyisihan kerugian yang diperhitungkan atas aktiva produktif yang diterima oleh bank.
  • Modal pinjaman ( modal kuasai ) merupakan modal yang diduduki oleh instrumen atau warkat yang memiliki sifat seperti modal.
Sifat Modal Pinjaman:
  1. Tidak dijamin oleh bank yang bersangkutan , dipersamakan dengan modal (pinjaman subordinasi) dan telah dibayar penuh.
  2. Tidak dapat dilunasi dan ditarik atas inisiatif pemilik tanpa persetujuan bank Indonesia.
  3. Mempunyai kedudukan yang sama dengan modal dalam hal jumlah kerugian bank melebihi laba yang ditahan dan cadangan-cadangan yang termasuk modal inti, meski bank belum dilikuidasi.
  4. Pembayaran bunga dapat ditangguhkan apabila bank dalam keadaan rugi atau labanya tidak medukung untuk membayar bunga tersebut.

  • Pinjaman Subordinasi, merupakan jenis pinjaman yang hanya dapat dilunasi setelah kewajiban - kewajiban bank telah dibayar, pinjaman Subordinasi ini sifatnya hampir sama dengan modal.Pinjaman subordinasi diperhitungkan dalam perhitungan CAR sebesar 50% dari modal inti.

B. AKUNTANSI EKUITAS
1). Akuntansi Modal Disetor
a. Modal disetor adalah modal yang telah efektif diterima oleh bank sebesar nilai nominal saham.
b. Penambahan modal disetor dicatat sejumlah uang yang diterima, nilai wajar aktiva non kas yang diterima dan besarnya utang yang dikonversi menjadi modal.
c. Pengurangan modal disetor dicatat sebesar jumlah utang yang diserahkan, nilai wajar aktiva non kas yang diserahkan dan besarnya utang yang timbul.

  • Penjualan Saham
Penjualan saham dilakukan oleh bank dalam rangka untuk mendapatkan modal. Penjualan saham akan dilakukan dengan kura saham diatas nominal atau dibawah nominal. Hal ini tergantung pada kualitas bank penjual saham, kurs penjualan saham akan berpengaruh pada agio atau disagio.

  • Pemesanan saham
Pemesana saham merupakan transaksi penjualan saham yang dilakukan atas dasar pemesanan. Bank menjual saham karena para pembeli sudah memesan saham bank. Transaksi atas pemesanan saham akan dicatat dalam modal saham dipesan sebesar nilai nominal dikalikan dengan jumlah lembar saham. Selisih antara nominal saham dengan kurs ajan dicatat dalam agio atau disagio. Pada saat uang pesanan saham dilunasi , maka modal saham yang dipesan akan dicata dalam modal disetor. Hal ini karena uang atas pemesanan saham sudah diterima oleh bank.
  • Pembelian kembali saham ( Saham Treasury )
Pembelian saham yang beredar menjadi faktor yang penting dalam mempertahankan kepemilikan bank. Struktur modal bank menjadi pertimbangan penting bagi pemilik lama ,oleh karena itu pembelian kembali saham yang telah beredar dapat dilakukan dalam kerangka untuk mempertahankan kepemilikan ,menghindari hostile takeover,memenuhi tuntutan regulasi atau untuk mengimbangi penurunan skala operasi bank yang semakin menurun sehingga tidak perlu model besar.

Akuntansi untuk saham treasury dikelompokan menjadu dua jenis metode yaitu :
  1. Metode harga perolehan
Dalam metode ini , pada saat emisi saham maka saham dicatat sebesar jumlah lembar saham dikalikan dengan nominal saham perlembar. Selisihnya akan dicatat dalam agio dan disagio saham. Pada saat pembelian kembali, harga beli dikalikan dengan jumlah lembar saham dicatat dalam saham treasury. Pada saat penjualan, maka perbedaan antara harga pada saat pembelian kembali dengan harga jual akan diakui sebagai tambahan modal disetor ( di sisi debit atau kredit ) sesuai dengan kursnya.
  1. Metode harga nominal
Dalam metode ini , saat emisi saham modal saham dicatat atas dasar jumlah lembar saham dikalikan dengan nilai nominal. Pada saat dilakukan pembelian kembali atas saham tsb, maka saham yang dibeli dicatat sebagai saham treasury dan selisih harga nominal dengan harga beli dicata dalam agio / disagio saham,.

2.).Akuntansi cadangan
Cadangan merupakan akumulasi laba tahun - tahun lalu dicadangkan oleh keputusan rapat umum pemegang saham. Cadangan ditujukan untuk menutup adanya kerugian dimasa yang akan datang.Dengan demikian transaksi cadangan akan berpengaruh pada perubahan ikhtisar laba / rugi bank.

3.). Akuntansi saldo laba
Akuntansi saldo laba merupakan pencatatan yang terkait dengan saldo bank yang dimiliki oleh bank. Beberapa peristiwa yang terkait dengan pencatatan saldo laba antara lain adalah adanya laba / rugi tahun berjalan dan pembagian atas laba bank. Laba pada tahun berjalan dapat dipergunakan untuk menambah modal secara keseluruhan atau sebagian dan yang sebagian keuntungan tersebutdibagikan dalam bentuk dividen kepada pemegang saham. Keputusan pembagian dividen atau laba terletak pada rapat umum.pemegang saham.
 




1 komentar:

  1. Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.

    Nama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.

    Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.

    Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.

    Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut

    BalasHapus